CloudOcean - Mengelola Online Shop Sebagai Kerja Sampingan

Tips Mengelola Online Shop



Membuat Online Shop idaman memang tidak mudah,tapi juga tidak dikatakan susah.apalagi dengan banyaknya jasa pembuatan website dan online shop.yang lebih susah adalah bagaimana Anda mengelola Online Shop itu sendiri,supaya menjadi online shop yang sukses. Berikut beberapa hal pentingnya :


1.Sediakan Contact Person Yang Jelas
Sistem dasar dari online shop adalah saling percaya antara pembeli dengan pemilik barang yang transaksi nya berlangsung di internet. Nah,jika tidak bertemu langsung, bagaimana cara pembeli mengetahui barang yang akan dibeli ?,oleh karena itu sediakan contact person yang jelas dimana para pembeli dapat dengan mudah berinteraksi dengan penjual baik itu via email, chatting, sms, atau telephone.
2.Ramah dan Sabar
Dalam berbelanja online seperti pada umumnya seorang pembeli akan menawar harga dari barang yang Anda tawarkan, bahkan sampai jauh di bawah perkiraan Anda. di sinilah letak kesabaran Anda sedang diuji,tapi ini juga menjadi peluang untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. layani pembeli dengan ramah dan jelaskan tentang kualitas barang, bentuk, dan model sehingga membuat pembeli itu merasa bahwa harga yang sudah Anda tawarkan merupakan harga yang wajar.
3.Up to Date
Barang dagangan yang selalu up to date tentu akan menjadi nilai lebih bagi online shop Anda, pembeli akan merasa nyaman dan mugkin ketagihan berbelanja online. karna barang yang mereka cari sudah tersedia di online shop Anda. selain mengupload barang dagangan di website online shop Anda, salah satu cara yang ampuh adalah Update barang dagangan Anda di berbagai media sosial.
4.Niat Usaha
Dalam semua hal niat yang kuat merupakan modal utama untuk membangun online shop Anda meraih kesuksesan, walaupun mungkin online shop ini hanya usaha sampingan. tapi Anda juga harus sadar mungkin malah online shop ini yang selalu menghasilkan rupiah ke tabungan Anda.
5.Sediakan Layanan Return
Bagi Anda yang memiliki online shop, fasilitas return atau menukar barang harus wajib dimiliki jika ingin sukses. Kenapa begitu? Diingat sekali lagi yaa, di online shop ini kan penjual dan pembeli tidak saling bertemu, dan juga pembeli tidak pernah bersentuhan langsung dengan produk. Jadi bisa aja barang yang dibeli ternyata rusak atau kekecilan-kebesaran ukurannya atau juga hilang saat pengiriman kan mereka tidak pernah tau, maka dari itu kita harus menyediakan fasilitas Return agar pembeli merasa bahwa dia tidak ditipu dan akan percaya dengan kualitas penjualan Anda. Jika para pembeli senang, mereka pasti akan balik lagi ke Anda dan mungkin mereka akan mengajak rekan atau keluarga untuk beli di online shop Anda.
6.Mengadakan Diskon
Semua orang suka diskon! Ini sangat penting untuk marketing produk Anda. Berilah pelanggan Anda sebuah diskon khusus, sebagai contoh : Diskon di saat-saat tertentu seperti disaat hari raya atau gratis ongkos kirim ke wilayah Pulau Jawa. Dengan mengadakan diskon ini pastilah para pembeli Anda akan tertarik untuk beli.
7.Jujur dan Hargai Pembeli Anda
Bisnis yang sukses tidak jauh dari kata Jujur dan menghargai klien atau pembeli. Jika ingin bisnis sukses maka harusnya bersikap jujur pada klien atau pembeli dan juga menghargainya. Jadi jangan sekali-sekali Anda membohongi pembeli tentang bentuk barang, kualitas, apalagi keaslian produk. Karena selalu Anda membohongi pembeli, maka mereka tidak akan balik lagi membeli produk Anda. Dan lebih parahnya mereka bisa membuat postingan tentang penipuan yang Anda lakukan, sehingga dibaca oleh orang lain dan nama baik online shop Anda akan jatuh. Hargailah pembeli walaupun dia hanya membeli satu barang Anda saja.
8. Jangan Mengumbar Janji
Salah satu lagi yang tidak boleh dilakukan oleh penjual online shop adalah mengumbar janji palsu. Seperti contoh :
– Seorang pembeli ingin membeli sesuatu dari Anda, namun pada saat itu stock barang sedang tidak ada. Nah, yang harus Anda lakukan adalah beritahu dia bahwa barang tidak ada namun bilang juga kapan barangnya akan datang lagi. Jangan berbohong dengan bilang stock barang masih ada.
9. Bedakan Antara Reseller dengan Buyer
Jika online shop Anda telah memiliki Reseller (orang yang membeli barang Anda dengan jumlah banyak dan untuk diperjual-belikan lagi) maka Anda harus memiliki patokan harga tersendiri yang pastinya lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada patok untuk Buyer (pembeli yang membeli barang Anda untuk kebutuhan pribadi dan dalam jumlah sedikit). Selain itu, saat menyetok barang, pisahkan antara barang yang akan dibeli oleh reseller dengan barang yang akan dijual oleh buyer. Hal ini untuk menghindari tercampurnya barang jualan.
10. Buatlah Perhitungan dan Pembukuan
Dalam dunia usaha baik jualan atau apapun itu, Anda diharuskan membuat perhitungan yang jelas dan benar seperti jumlah barang yang masuk, jumlah barang yang keluar, biaya ini itu dll. Agar pengeluaran Anda tidak tiba-tiba membengkak dan agar Anda mengetahui untuk apa saja uang Anda dikeluarkan.

Posting Komentar